Sabtu, 26 September 2015

ARTI HARI MENURUT BAHASA JAWA

Assalamu'alaikum

Hari ini yang saya sampaikan kepada pembaca adalah arti sebuah nama hari menurut Jawa untuk antisipasi kegiatan anda untuk memilih hari yang tepat dalam beraktivitas.

- Hari SELASA orang jawa mengatakan SELOSO ; selo seloning menungso; artinya tidak terlalu ramai, Insya Allah setiap hari selasa tidak terlalu sibuk sehingga banyak kesempatan untuk ibadah.

- RABU orang jawa mengatakan REBO : Rejoning Buono ;artinya keramaian alam semesta, puncaknya aktifitas pekerjaan tetapi di sela sela kesibukan jangan lupa waktunya ibadah.

- KAMIS, atau KEMIS dalam bahasa jawa yang artinya Kembange Lamis; atau bunganya mulut. Artinya, hari tersebut adalah banyak dilakukan orang untuk berjanji berkata-kata manis. Biasanya hari tersebut dimanfaatkan oleh para penipu untuk menipu korbannya. Untuk itu, berhati-hatilah di hari tersebut. Untuk menghindari hal seperti ini, disarankan unruk berpuasa sunnah senin-kamis.

JUMAT dalam bahasa jawanya Jumat ; JUJUGANE UMAT dimana hari jumat adalah hari yang dinanti-nanti umat manusia karena hari itu hari yang keramat hari untuk melakukan ritual ritual kejawen dan berkumpulnya umat muslim melaksanakan solat Jumat di seluruh masjid masjid besar, ada sebagian menanti hari jumat untuk berkumpul melaksanakan olahraga dll. dan pada hari Jumat amal kebaikan pahalanya dilipat gandakan begitu pula orang berbuat keburukan dosanya juga di lipatkan ada yang mengatakan hari jumat adalah hari sakral maka berhati-hatilah dalam segala hal .

- SABTU orang jawa mengatakan dino setu artinya setugel wektu yaitu setengah hari dimana orang-orang bekerja hanya setengah hari, kantor- kantor buka setengah hari karena dipersiapakan untuk menyambut malam minggu.

Untuk sementara hanya ini yang dapat saya sampaikan saat ini, masih ada beberapa yang belum dicantumkan yang akan menyusul di lain waktu. Kalau ada yang ingin berpendapat atau ingin menambahkan, silakan komentar di bawah. Terima kasih. 

Wassalamu'alaikum

9 komentar: